3 Mitos Tentang Cokelat



Cokelat adalah jenis makanan yang paling disukai di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa semuanya suka cokelat. Rasanya yang enak dan efeknya yang merilekskan pikiran menjadi salah satu alasan mengapa orang suka sekali dengan makanan yang satu ini.

Namun, ada saja orang yang berprasangka negatif karena mereka mempercayai mitos-mitos di kalangan masyarakat luas. Oleh karena itu, sekarang saya akan jelaskan 3 mitos tentang cokelat yang seharusnya tidak Anda percaya lagi.

1. Cokelat menyebabkan Sakit Kepala

Banyaknya kasus sakit kepala usai mengonsumsi cokelat menyebabkan banyak orang percaya akan mitos yang satu ini. Cokelat memang mengandung senyawa tiramin yang memiliki dampak menyempitkan pembuluh darah. Tetapi, hal ini tidak akan menyebabkan sakit kepala pada orang yang normal. Sakit kepala usai mengonsumsi cokelat hanya akan terjadi pada orang yang jarang berolahraga, memiliki penyakit darah tinggi, memiliki penyakit kolesterol, atau yang memang memiliki alergi terhadap cokelat.

2. Cokelat Tidak Ada Manfaatnya

Mitos yang satu ini juga sudah sebaiknya tidak Anda percayai lagi. Mengapa? Karena memang sudah terbukti bahwa cokelat mengandung berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk mendapatkan info lebih lengkapnya, silakan Anda simak artikel saya yang berjudul Manfaat Mengonsumsi Cokelat.

3. Cokelat Merusak Gigi

Hal ini tidak dapat dibenarkan. Pada pasalnya, kerusakan gigi tidak disebabkan oleh cokelat, tetapi disebabkan oleh penumpukan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Jadi, tidak hanya cokelat yang menyebabkan kerusakan gigi. Asalkan menumpuk di sela-sela gigi, semua makanan bisa berpotensi merusak gigi.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa mitos cokelat yang sudah sepatutnya tidak Anda percayai lagi. Semoga dapat membuka wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Bahaya Mengonsumsi Cokelat



Beberapa waktu lalu saya pernah menulis sebuah artikel berjudul Manfaat Mengonsumsi Cokelat. Seperti yang kita ketahui, cokelat adalah makanan yang lezat dan kaya manfaat. Akan tetapi, benarkah cokelat adalah makanan yang sepenuhnya bermanfaat?

Cokelat ternyata juga memiliki dampak negatif apabila dikonsumsi di luar batas kewajaran. Apa sajakah dampak negatif tersebut?

1. Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung

Bukankah cokelat memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung? Ya, tetapi manfaat tersebut hanya didapatkan apabila cokelat dikonsumsi sewajarnya. Faktanya, cokelat mengandung lemak dan gula. Lemak menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Sedangkan gula menyebabkan darah mengental. 2 hal ini apabila terjadi pada tubuh kita maka jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Masih sesuai dengan poin nomor 1, terhambatnya sirkulasi darah pada tubuh kita menyebabkan darah memompa lebih kencang dari biasanya. Hal ini menyebabkan tingginya tekanan darah pada seseorang.

3. Menyebabkan Diabetes

Diabetes adalah penyakit gula darah yang disebabkan oleh banyaknya makanan manis yang kita konsumsi. Cokelat mengandung banyak gula yang menyebabkan rasanya menjadi manis. Jadi, apabila cokelat dikonsumsi melebihi batas kewajaran, cokelat dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

4. Menyebabkan Obesitas

Cokelat mengandung lemak dengan kadar yang cukup tinggi. Inilah yang menjadi dasar pemikiran mengapa mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan kegemukan pada seseorang.


Sebenarnya masih banyak lagi dampak negatif dari makanan yang kaya akan gula dan lemak ini. Namun yang saya jelaskan di atas adalah beberapa dampak yang paling umum saja. Semoga dapat membuat Anda paham betapa pentingnya membatasi makanan yang kita konsumsi, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

10 Tips Meningkatkan Konsentrasi



Konsentrasi atau fokus menjadi salah satu hal penting yang menjadi acuan keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan tanpa fokus yang baik maka hasil akhir yang didapatkan tidak akan pernah maksimal.

Tidak hanya tentang pekerjaan. Tanpa fokus yang baik, seseorang juga tidak akan mampu untuk memahami berbagai materi pembelajaran penting. Akibatnya, proses studi seseorang akan terganggu.

Dengan dilatarbelakangi oleh berbagai dampak negatif tersebut, sekarang saya akan memberikan beberapa tips bagaimana caranya meningkatkan konsentrasi Anda.

1. Istirahat

Anda sudah mulai merasakan penat? Anda sudah mulai merasakan kinerja Anda melambat? Beristirahatlah sejenak. Berhenti selama 10 menit di tempat kerja untuk sekedar mengambil air minum atau mengajak bicara rekan kerja adalah cara terbaik. Cobalah menikmati lingkungan sekitar Anda, pandanglah hiruk pikuk keadaan di luar ruangan melalui kaca, hal ini akan membantu otak Anda mengembalikan tenaganya.

2. Buat Batas Waktu

Apakah Anda tahu mengapa setiap perusahaan memberikan batas waktu kepada seluruh staf-stafnya? Ya, batas waktu atau deadline akan membuang sifat malas pada seseorang dan menyebabkan terjadinya peningkatan fokus pada orang tersebut. Hal ini tentu akan menjadi salah satu sarana efektif untuk melatih fokus seseorang, sekaligus memberikan keuntungan kepada perusahaan.

3. Ganti Tugas

Batas maksimum fokus pada manusia adalah 45 menit. Apabila Anda masih mengerjakan hal yang sama selama lebih dari 45 menit, maka hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya penurunan konsentrasi. Jika Anda ingin senantiasa fokus, lakukan pekerjaan lain setelah 45 menit. Setelah itu, Anda boleh kembali ke pekerjaan awal.

4. Lakukan Permainan

Siapa bilang bermain permainan tidak ada gunanya? Bermain catur, sudoku, puzzel, dan sejenisnya terbukti mampu mengembalikan fokus seseorang yang sedang hilang. Tetapi, bermain permainan terlalu lama juga tidak baik karena dapat menghabiskan energi Anda. Jadi, bermainlah dengan durasi yang wajar.

5. Hindari Stres

Stres dapat menjadi salah satu pemicu menurunnya kemampuan fokus seseorang. Mengapa? Karena orang yang sedang stres cenderung melamun dan memikirkan masalahnya ketimbang memikirkan apa yang sedang ia kerjakan. Hal ini menyebabkan  tugas-tugas yang ada di hadapannya tidak bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

6. Tidur

Tidur singkat menjadi solusi berikutnya apabila berhenti bekerja sejenak tidak bisa mengembalikan fokus Anda. Tubuh yang berada dalam kondisi rileks dapat membantu otak dan tubuh mengembalikan fokus dan energinya seperti semula.

7. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Kadar gula darah yang meningkat dapat menyebabkan terjadinya pengentalan darah sehingga aliran darah melambat. Lambatnya peredaran darah dapat menyebabkan otak kita kekurangan oksigen. Jika otak kita kekurangan oksigen maka fokus kita akan menurun dan kita akan merasakan kantuk.

8. Meditasi

Meditasi adalah melakukan relaksasi dengan cara mengatur pernapasan. Melakukan meditasi dapat membantu pikiran menjadi rileks dan dapat membantu otak mengembalikan kemampuan fokusnya.

9. Olahraga

Berolahragalah selama 30 menit perhari. Olahraga dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga dapat dipastikan asupan oksigen ke otak menjadi lebih maksimal. Apabila otak kaya akan oksigen, maka  kemampuan fokus pun akan meningkat.

10. Sarapan

Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal sarapan sangat memengaruhi kemampuan fokus seseorang selama satu hari penuh. Sarapan makanan bergizi akan membantu meningkatkan kewaspadaan seseorang dalam melakukan hal apapun.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan fokus. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Berhenti Merokok



Berhenti merokok adalah salah satu kendala bagi para perokok. Berbagai alasan dilontarkan mulai dari sulitnya tidak merokok, sudah terlanjur kecanduan, dan berbagai keluhan lainnya. Hal tersebut lazim. Kandungan nikotin pada rokok menyebabkan para perokok merasa ingin merokok setiap saat.

Meski begitu, ada sebagian orang yang berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Apa yang mereka lakukan? Mengapa mereka bisa berhenti merokok?

Baik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu seputar beberapa tips berhenti merokok.

Sebelum Memulai ....

Sebelum memulai, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

  1. Kuatkan Niat

Tentu saja. Kekuatan niat adalah kunci dari kekokohan komitmen yang akan ada jalani. Kuatkan niat bahwa Anda akan berhenti merokok dan memulai hidup baru sebagai pribadi yang menganut gaya hidup sehat.

  1. Beritahu Rekan

Orang-orang di sekitar Anda harus tahu bahwa Anda akan menjalani sebuah komitmen berhenti merokok. Hal ini diperlukan agar muncul dukungan secara psikis dari orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan memberikan Anda kesibukan baru, membantu menghindari para perokok merokok di dekat Anda, serta memberikan sugesti positif terhadap kesehatan Anda.

  1. Tetapkan Waktu

Meski berhenti merokok bukanlah pekerjaan kantor, tetapi Anda tetap membutuhkan deadline alias tenggat waktu. Tenggat waktu akan membuat Anda bersemangat menjalani komitmen yang satu ini.


Memulai ....

Sekarang saatnya Anda mulai menjalani komitmen yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Masih terasa berat? Berikut beberapa tips menjalani terapi berhenti merokok:

  1. Berhentilah Secara Bertahap

Mungkin Anda terbiasa merokok 5 batang perhari. Turunkanlah kadar tersebut setiap minggunya atau setiap bulannya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasakan penyiksaan yang terlalu berat pada tubuh Anda.

  1. Hindari Hal-Hal yang Membuat Anda ingin Merokok

Berkumpul dengan perokok dan duduk di dekat etalase rokok adalah beberapa hal yang menyebabkan seorang perokok "teringat" akan rokok. Hal ini akan memicu timbulnya perasaan ingin merokok. Jika Anda sedang menjalani terapi berhenti merokok, hindarilah hal-hal tersebut.

  1. Sibukkan Diri

Mulailah membangun kebiasaan bersepeda menuju kantor setiap hari. Selain menyita waktu, olahraga ringan yang satu ini juga akan membantu Anda melupakan kebiasaan merokok. Tidak suka bersepeda? Anda boleh mencoba berbagai aktivitas rekreasional yang lain.

  1. Minum Air

Minum air putih dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan perasaan ingin merokok. Air putih mengandung oksigen yang membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab munculnya rasa candu.

  1. Terus Berpikir Positif

Teruslah berpikir berbagai dampak positif yang akan Anda dapatkan apabila Anda berhenti merokok. Pikirkan juga berbagai dampak negatif yang akan terjadi pada kesehatan tubuh Anda jika Anda kembali merokok. Kemampuan Anda mengolah pikiran menjadi salah satu aspek penting dalam terapi berhenti merokok.


Berhasil .... ?

Rayakan! Segera rayakan keberhasilan Anda sekecil apapun. Merayakan sebuah proses kerja keras adalah salah satu cara agar Anda mampu bekerja lebih keras lagi.


Gagal .... ?

Tidak perlu depresi. Jika Anda sudah mencoba berbagai tips di atas namun tetap saja gagal, silakan konsultasikan diri pada dokter atau terapis. Penanganan medis adalah cara terakhir agar Anda dapat terbebas dari belenggu tembakau tersebut.


Demikianlah beberapa tips dari saya untuk berhenti merokok. Semoga berhasil, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

21 Manfaat Berhenti Merokok


Rokok memang tidak baik bagi kesehatan kita. Tidak hanya menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, rokok juga menimbulkan banyak dampak negatif psikologis yang mengganggu kehidupan sosial Anda.

Dengan berbagai dampak negatif tersebut, banyak mantan perokok yang mengaku hidupnya lebih baik usai berhenti merokok. Mengapa bisa begitu? Tentu, karena ada banyak hal positif yang akan Anda dapatkan usai berhenti merokok, diantaranya:

1. Menyelamatkan kesehatan orang-orang di sekitar;
2. Jarang terserang penyakit batuk;
3. Mengurangi risiko terjadinya kebotakan;
4. Makanan yang Anda makan akan terasa lebih enak;
5. Tidur terasa lebih nyenyak;
6. Mengurangi anggaran;
7. Menghilangkan risiko kerusakan genetika;
8. Menurunkan risiko cacat janin;
9. Mempercepat kehamilan;
10. Menstabilkan tekanan darah;
11. Mengurangi risiko stroke;
12. Mengurangi risiko radang paru-paru;
13. Menghilangkan suara serak;
14. Memperkuat pernapasan;
15. Menghilangkan bau mulut;
16. Meningkatkan produktivitas;
17. Memutihkan gigi;
18. Menghilangkan stres;
19. Menurunkan risiko kanker;
20. Mencegah penuaan dini;
21. Menghilangkan bau asap pada tubuh.


Demikianlah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan apabila Anda berhenti merokok. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...