Tips Berhenti Merokok



Berhenti merokok adalah salah satu kendala bagi para perokok. Berbagai alasan dilontarkan mulai dari sulitnya tidak merokok, sudah terlanjur kecanduan, dan berbagai keluhan lainnya. Hal tersebut lazim. Kandungan nikotin pada rokok menyebabkan para perokok merasa ingin merokok setiap saat.

Meski begitu, ada sebagian orang yang berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Apa yang mereka lakukan? Mengapa mereka bisa berhenti merokok?

Baik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu seputar beberapa tips berhenti merokok.

Sebelum Memulai ....

Sebelum memulai, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

  1. Kuatkan Niat

Tentu saja. Kekuatan niat adalah kunci dari kekokohan komitmen yang akan ada jalani. Kuatkan niat bahwa Anda akan berhenti merokok dan memulai hidup baru sebagai pribadi yang menganut gaya hidup sehat.

  1. Beritahu Rekan

Orang-orang di sekitar Anda harus tahu bahwa Anda akan menjalani sebuah komitmen berhenti merokok. Hal ini diperlukan agar muncul dukungan secara psikis dari orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan memberikan Anda kesibukan baru, membantu menghindari para perokok merokok di dekat Anda, serta memberikan sugesti positif terhadap kesehatan Anda.

  1. Tetapkan Waktu

Meski berhenti merokok bukanlah pekerjaan kantor, tetapi Anda tetap membutuhkan deadline alias tenggat waktu. Tenggat waktu akan membuat Anda bersemangat menjalani komitmen yang satu ini.


Memulai ....

Sekarang saatnya Anda mulai menjalani komitmen yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Masih terasa berat? Berikut beberapa tips menjalani terapi berhenti merokok:

  1. Berhentilah Secara Bertahap

Mungkin Anda terbiasa merokok 5 batang perhari. Turunkanlah kadar tersebut setiap minggunya atau setiap bulannya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasakan penyiksaan yang terlalu berat pada tubuh Anda.

  1. Hindari Hal-Hal yang Membuat Anda ingin Merokok

Berkumpul dengan perokok dan duduk di dekat etalase rokok adalah beberapa hal yang menyebabkan seorang perokok "teringat" akan rokok. Hal ini akan memicu timbulnya perasaan ingin merokok. Jika Anda sedang menjalani terapi berhenti merokok, hindarilah hal-hal tersebut.

  1. Sibukkan Diri

Mulailah membangun kebiasaan bersepeda menuju kantor setiap hari. Selain menyita waktu, olahraga ringan yang satu ini juga akan membantu Anda melupakan kebiasaan merokok. Tidak suka bersepeda? Anda boleh mencoba berbagai aktivitas rekreasional yang lain.

  1. Minum Air

Minum air putih dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan perasaan ingin merokok. Air putih mengandung oksigen yang membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab munculnya rasa candu.

  1. Terus Berpikir Positif

Teruslah berpikir berbagai dampak positif yang akan Anda dapatkan apabila Anda berhenti merokok. Pikirkan juga berbagai dampak negatif yang akan terjadi pada kesehatan tubuh Anda jika Anda kembali merokok. Kemampuan Anda mengolah pikiran menjadi salah satu aspek penting dalam terapi berhenti merokok.


Berhasil .... ?

Rayakan! Segera rayakan keberhasilan Anda sekecil apapun. Merayakan sebuah proses kerja keras adalah salah satu cara agar Anda mampu bekerja lebih keras lagi.


Gagal .... ?

Tidak perlu depresi. Jika Anda sudah mencoba berbagai tips di atas namun tetap saja gagal, silakan konsultasikan diri pada dokter atau terapis. Penanganan medis adalah cara terakhir agar Anda dapat terbebas dari belenggu tembakau tersebut.


Demikianlah beberapa tips dari saya untuk berhenti merokok. Semoga berhasil, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

21 Manfaat Berhenti Merokok


Rokok memang tidak baik bagi kesehatan kita. Tidak hanya menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, rokok juga menimbulkan banyak dampak negatif psikologis yang mengganggu kehidupan sosial Anda.

Dengan berbagai dampak negatif tersebut, banyak mantan perokok yang mengaku hidupnya lebih baik usai berhenti merokok. Mengapa bisa begitu? Tentu, karena ada banyak hal positif yang akan Anda dapatkan usai berhenti merokok, diantaranya:

1. Menyelamatkan kesehatan orang-orang di sekitar;
2. Jarang terserang penyakit batuk;
3. Mengurangi risiko terjadinya kebotakan;
4. Makanan yang Anda makan akan terasa lebih enak;
5. Tidur terasa lebih nyenyak;
6. Mengurangi anggaran;
7. Menghilangkan risiko kerusakan genetika;
8. Menurunkan risiko cacat janin;
9. Mempercepat kehamilan;
10. Menstabilkan tekanan darah;
11. Mengurangi risiko stroke;
12. Mengurangi risiko radang paru-paru;
13. Menghilangkan suara serak;
14. Memperkuat pernapasan;
15. Menghilangkan bau mulut;
16. Meningkatkan produktivitas;
17. Memutihkan gigi;
18. Menghilangkan stres;
19. Menurunkan risiko kanker;
20. Mencegah penuaan dini;
21. Menghilangkan bau asap pada tubuh.


Demikianlah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan apabila Anda berhenti merokok. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

baca selengkapnya...

7 Mitos tentang Rokok



Jumlah perokok di Indonesia ternyata mencapai peringkat 3 dunia usai Cina dan India. Angka perokok aktif yang tinggi tersebut menjadi salah satu alasan mengapa rokok adalah salah satu masalah di Indonesia. Tentu masalah yang satu ini tidak mudah diatasi karena besarnya peran pajak produksi rokok terhadap pembangunan negara.

Tidak hanya itu, pemerintah juga kewalahan menghadapi para perokok aktif karena para perokok aktif selalu memiliki alasan yang kuat untuk terus merokok. Padahal, alasan mereka rata-rata bukanlah fakta, melainkan hanya mitos belaka.

Apa sajakah mitos-mitos tersebut?

1. Merokok itu Macho

Ini adalah alasan yang benar-benar mitos. Banyak orang berkata bahwa merokok itu macho karena memang rata-rata orang yang merokok adalah pria berusia dewasa. Namun sebenarnya, rokok tidak membuat Anda lebih macho, baik secara perilaku maupun secara penampilan. Justru, rokok memiliki efek samping berupa penyakit impotensi yang akan membuat Anda kehilangan label "macho" Anda.

2. Merokok hanya Merugikan Sang Perokok

"Rokok kan hanya berbahaya bagi Si Perokok. Jadi, tidak apa-apa kan saya merokok di sebelah orang yang tidak merokok?"

Pernyataan ini tentu salah. Bagian rokok yang paling berbahaya justru ada pada asapnya. Asap rokok mengandung banyak kandungan yang berbahaya bagi kesehatan kita. Atas dasar itulah mengapa para perokok dilarang merokok di tempat umum. Asap yang dihembuskan Sang Perokok dapat menyebabkan orang-orang di sekitarnya menerima risiko penyakit yang sama dengan orang yang merokok.

3. Merokok itu Aman asal Dibatasi Konsumsinya

Pernyataan yang satu ini juga adalah salah satu mitos. Jumlah rokok yang dibatasi tidak akan mengurangi risiko penyakit yang akan ditimbulkan dari rokok. Orang yang menghisap satu batang rokok perminggu pun tetap memiliki risiko timbulnya berbagai penyakit karena sesedikit apapun kadar nikotin dalam tubuh, pasti berbahaya.

4. Berhenti Merokok dapat Menyebabkan Stres

Apakah pernyataan ini merupakan mitos? Tetapi bukankah memang banyak orang yang merasakan stres ketika berhenti merokok?

Saya tegaskan, ini adalah mitos.

Stres memang terjadi pada orang yang berhenti merokok karena pada saat itu, nikotin dalam tubuh sedang dibersihkan. Namun nantinya, perasaan stres akan hilang dan akan terganti oleh perasaan segar.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel saya terdahulu mengenai proses yang terjadi pada tubuh usai berhenti merokok.

5. Mengunyah Tembakau itu Aman

Ada lagi orang yang berkata,

"Saya tidak merokok. Saya membeli rokok hanya untuk dikupas, diambil tembakaunya, lalu saya simpan di mulut seperti sedang mengonsumsi permen. Bukankah itu tidak masalah?"

Ini juga merupakan kesalahan.

Mengunyah tembakau memang tidak merusak bagian dalam tubuh. Namun, mengunyah tembakau dapat merusak bagian mulut. Mengunyah tembakau dapat menyebabkan kanker mulut, kanker faring, dan berbagai kerusakan mulut lainnya.

6. Rokok dengan Label "Light" atau "Mild" adalah Rokok yang Aman

Memang, rokok berlabel "light" atau berlabel "mild" adalah jenis rokok dengan kadar tar dan nikotin yang sedikit. Namun, justru karena hal itu, para perokok jenis ini cenderung menghisap rokok lebih dalam. Apabila rokok dihisap lebih dalam, maka gas karbon monoksida akan terserap tubuh lebih banyak. Akibatnya, risiko penuaan dini dan berbagai penyakit lainnya meningkat.

7. Merokok dapat Diimbangi dengan Gaya Hidup Sehat

Ini adalah mitos terakhir. Gaya hidup sehat seperti apapun tidak dapat menghambat gerakan nikotin mengaktifkan sel-sel kanker. Gaya hidup sehat juga tidak akan mengurangi kadar karbon monoksida dalam tubuh.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa mitos tentang rokok yang beredar luas di masyarakat. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

5 Kandungan Asap Rokok yang Berbahaya bagi Tubuh


Banyak orang mengira bahwa orang yang akan terserang dampak negatif dari merokok adalah seorang perokok saja. Tetapi sebenarnya, orang yang tidak merokok namun ikut menghisap asap rokok juga akan  menghadapi risiko yang sama. Bahkan lebih parah.

Mengapa bisa begitu? Pada pasalnya, faktor penyebab munculnya penyakit pada perokok bukan pada rokoknya, tetapi pada asapnya. Jadi, meskipun Anda tidak merokok, selama Anda sering menghirup asap rokok maka Anda tetap akan menghadapi berbagai risiko penyakit di masa depan.

Sebenarnya, kandungan apa saja yang menyebabkan asap rokok begitu berbahaya?

1. Zat Iritan

Zat iritan ini adalah sebuah zat yang memiliki dampak menghilangkan kelembaban. Apabila zat iritan ini masuk ke saluran pernapasan kita, maka dinding saluran tenggorokan dan alveolus akan mengalami kekeringan. Apabila hal ini terjadi, maka akan memudahkan kuman dan bakteri masuk dan menginfeksi saluran pernapasan. Maka terjadilah batuk dan gangguan pernapasan lain.

2. Zat Karsinogen

Zat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Ya, zat karsinogen adalah sebuah zat yang memicu aktifnya sel-sel kanker yang berada di tubuh kita. Maka tidak aneh apabila seorang perokok memiliki risiko terserang kanker lebih tinggi ketimbang orang yang nonperokok.

3. Gas Karbon Monoksida (CO)

Gas karbon monoksida sebenarnya adalah gas yang berasal dari pembakaran kendaraan bermotor yang tidak sempurna. Namun ternyata gas ini juga terkandung pada asap rokok. Apa dampak negatif yang terjadi apabila gas tersebut masuk ke tubuh kita?

Hal pertama yang akan terjadi apabila kita menghirup gas karbon monoksida adalah terjadinya penurunan kadar oksigen pada tubuh kita. Hal ini disebabkan karena gas karbon monoksida lebih cepat terserap oleh sel darah merah. Akibatnya kadar karbon monoksida dalam tubuh meningkat, sedangkan kadar oksigen menurun.

Apa yang akan terjadi apabila gas karbon monoksida berikatan dengan sel darah merah? Darah Anda akan berubah menjadi kehitaman dan menjadi lebih kental. Apabila darah Anda kental, maka gerakan sel darah merah ke seluruh tubuh semakin terhambat. Akibatnya terjadilah peningkatan tekanan darah.

4. Tar

Senyawa tar sebenarnya adalah senyawa yang digunakan untuk membuat aspal. Namun ternyata senyawa yang satu ini juga terkandung pada asap rokok. Apabila senyawa tar terhirup oleh kita, senyawa tersebut akan menempel pada dinding paru-paru dan menyebabkan iritasi.

Tidak hanya itu, senyawa tar juga menyebabkan produksi lendir pada dinding paru-paru mengalami peningkatan, menyebabkan matinya sel-sel organ tubuh, dan menyebabkan aktifnya sel kanker.

5. Nikotin

Zat ini adalah senyawa yang paling populer diantara semua senyawa di atas. Mengapa? Ya, karena nikotin adalah zat terparah. Zat ini merupakan "akar" dari munculnya rasa candu. Selain menyebabkan rasa candu, nikotin juga menyebabkan berbagai dampak negatif yang lainnya, seperti:

  • Ketergantungan
  • Rusaknya jaringan otak
  • Mempercepat terjadinya pembekuan darah
  • Arteriosklerosis (mengerasnya dinding pembuluh darah arteri)


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa kandungan asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan kita. Semoga dapat menjadi perhitungan bagi Anda yang masih saja aktif merokok, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Glenn Fredly - Akhir Cerita Cinta


Sandiwarakah selama ini
Setelah sekian lama kita tlah bersama
Inikah akhir cerita cinta
Yang selalu aku banggakan di depan mereka

Entah dimana kusembunyikan rasa malu

Reff:
Kini harus aku lewati
Sepi hariku
tanpa dirimu lagi

Biarkan kini ku berdiri
Melawan waktu
tuk melupakanmu
Walau pedih hati
namun aku bertahan

*Back to intro - reff


baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...